Proposal Kompetisi Debat Hukum

Konstruksi negara hukum atau dengan istilah lain rechstaat dan rule of law mempertegas komitmen bahwa Indonesia adalah negara hukum yang demokratis bukan negara kekuasaan (machstaat) yang otoriter. Indonesia sebagai negara hukum yang demokratis, maka kekuasaan manapun harus berlandaskan pada konstitusi. Konstitusi tersebut diadakan sebagai upaya untuk memberikan arah serta tujuan yang jelas kepada penyelenggara negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya. Hukum yang mengatur dan membatasi kekuasaan negara tersebut dibuat atas dasar kekuasaan atau kedaulatan rakyat. Dengan kata lain, bahwa hukum yang berlaku dalam suatu negara hukum haruslah dirumuskan secara demokratis, yakni yang dikehendaki oleh rakyat. Sebab itulah, amandemen ketiga UUD RI 1945 memasukkan ketentuan yang menegaskan bahwa Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar sebagaimana secara eksplisit disebutkan dalam Pasal 1 ayat (3) UUD RI 1945. 
Gagasan negara hukum tidak berhenti pada pesoalan memasukkan ketentuan yang menyebutkan secara normatif bahwa negara Indonesia adalah negara hukum. Namun lebih dari itu, sejauh mana amanat konstitusi tersebut dapat terimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seringkali ditemukan adanya ketidakharmonisan anatara law in the books dengan law in action. Oleh karena itu, agenda reformasi konstitusi yang tak kalah penting ke depannnya adalah bagaimana menciptakan budaya berhukum dalam kehidupan bernegara. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kesenjangan antara hukum yang semestinya atau seharusnya (das sollen) dan hukum yang senyatanya (das sein). 
Tema: Peran Pelajar Menciptakan Budaya Hukum yang Sehat 
Pendaftaran: 10 Maret - 19 April 2019
Donwload Proposal Kompetisi Debat Hukum SMA

Komentar

  1. If you're trying hard to burn fat then you have to start following this brand new personalized keto meal plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness trainers, and cooks have united to develop keto meal plans that are productive, suitable, money-efficient, and satisfying.

    Since their launch in January 2019, hundreds of people have already transformed their body and health with the benefits a great keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones offered by the keto meal plan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer